Gunung Tangkuban Perahu Lembang

gunung tangkuban perahu

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu Lembang Kabupaten Bandung

Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 km di utara Bandung. Tempat yang indah ini terletak di daerah Lembang, sekitar 30 menit dari Bandung menggunakan kendaraan peribadi atau angkutan umum, Gunung Tangkuban Parahu memiliki ketinggian 2.084 meter. Gunung ini menjadi salah satu tujuan wisata sangat menarik di Lembang kabupaten Bandung ini, Memiliki lingkungan alami yang sangat sejuk, dan mata air panas yang terdapat di kaki gunung. Deretan kawah memanjang, yang menjadi daya tarik sebenarnya adalah .Tangkuban Gunung Berapi. Dinamai Gunung Tangkuban Perahu karena bentuknya menyerupai kapal terbalik.

gunung tangkuban perahu

Nama Gunung Tangkuban Perahu sendiri sangat erat dengan cerita legenda tanah Sunda yang sangat terkenal, yaitu Cerita mengenai Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu yang jika di lihat dari kejauhan tampak seperti perahu terbalik, diduga disebabkan oleh kekuatan gaib Sangkuriang menyelesaikan pekerjaan yang gagal membuat kapal bermalam untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibunya sendiri. Karena kesal tidak menyelesaikan pembangunan kapal, Sangkuriang akhirnya menendang perahu yang belum selesai itu. Legenda inilah yang menjadi terkait erat dalam penamaan gunung Tangkuban Perahu.

Pesona gunung Tangkuban Perahu sangat indah, bahkan ketika cuaca cerah, lekukan tanah di dinding kawah bisa terlihat jelas, berbeda dengan pepohonan hijau yang ada di sekitar gunung. Tidak hanya itu, dasar kawah itu sendiri dapat kita nikmati keindahannya yang begitu menakjubkan. Keindahan alam inilah yang menjadikan Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu objek wisata alam andalan Provinsi Jawa Barat, khususnya di Bandung.

Jalan menuju perahu Tangkuban, di sisi kiri jalan Anda akan melihat hamparan kebun teh hijau dan deretan pohon pinus. Namanya juga gunung, tentu setiap kali udaranya benar-benar alami. Karena Gunung Merapi ini menjadi salah satu gunung  yang masih aktif hingga saat ini, maka selalu terjadi banyak letusan yang meninggalkan sisa kawah yang meletus. Saat ini kawah-kawah telah digunakan sebagai tempat-kawah wisata.Kawah meliputi Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Badak Pangguyungan. Di antara kawah-kawah ini, Kawah Ratu adalah kawah terbesar yang berada di gunung ini, diikuti oleh kawah Upas yang terletak berdekatan dengan Kawah Ratu. Beberapa kawah berbau asap, bahkan ada yang dilarang turun ke kawah, karena bau asap yang beracun.

Baca juga artikel kami lain nya Bandung Tour

Jika Anda berkunjung ke Bandung, luangkan waktu Anda untuk mengunjungi Tangkuban Perahu. Udara sejuk, pemandangan indah, semuanya akan membuat Anda puas. Mengunjungi perahu Tangkuban berarti Anda telah menikmati wisata alam, wisata Lagenda, dan juga Anda bisa berbelanja. Karena di kawasan gunung ini kita menjumpai banyak pedagang yang menjual berbagai sauvenir, makanan, dll. Di bibir kawah gunung ini Anda juga bisa berjalan-jalan dengan kuda sewaan, yang kesemuanya akan menambah kepuasan Anda dalam tur akhir pekan Anda. Menikmati pemandangan Kawah Gunung Ratu Tangkuban Perahu, seperti melihat mangkuk raksasa yang sangat besar dan dalam. Saat cuaca cerah, lekukan tanah di dinding kawah serta bagian bawah kawah dapat terlihat cukup jelas sehingga menghadirkan pemandangan panorama yang spektakuler. Kemegahan kawah itu begitu luas dan dalam, setidaknya mampu memaksa para wisatawan dalam negri hingga manca negara diam sejenak dan kagum dengan kebesaran karya Tuhan.

gunung tangkuban perahu

Terletak di ketinggian 1860 meter, tepatnya di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung – Jawa Barat, objek wisata Gunung Tangkuban Perahu memang menjadi salah satu andalan. Dengan harga tiket masuk 8000 rupiah per orang dengan rata-rata jumlah pengunjung mencapai 500 orang.

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa. Beberapa kali gunung ini pernah tercatat meletus, mengeluarkan asap yang mengakibatkan sembilan kawah berserakan di berbagai tempat di puncak gunung.

Kawah Ratu adalah kawah terbesar di lokasi ini, diikuti oleh kawah Upas yang terletak berdekatan dengan ratu kawah dan dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 25 menit dengan jarak sekitar +/- 1500 meter dari pos pengamat, di sekitar tepi Kawah Ratu.

Kawah Upas memiliki dasar kawah yang dangkal dan rata, dengan pohon-pohon liar yang sepertinya tumbuh di satu sisi dasar kawah. Mungkin karena dangkal dan tidak terlalu luas, Anda juga harus berjalan kaki terlebih dahulu, dan (tidak seperti Kawah. Ratu tempat mobil pribadi bisa diparkir tepat di bibir kawah), kawah upas jarang dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Memiliki pemandangan yang disajikan dalam kawah Upas ini cenderung “biasa”, tetapi dimungkinkan untuk menikmati pemandangan indah Ratu Kawah dari sisi yang berbeda, mengingat bibir Upas Kawah Ratu dan disatukan dalam bentuk jalur pendakian.

Demikian informasi singkat yang kami berikan untuk Anda dan semoga bermanfaat, dan jika Anda berniat untuk pergi berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu ini Anda bisa menggunakan jasa kami metro-holidays sebagai salah satu penyedia jasa wisata yang akan mendampingi Anda dengan senang hati, kami memiliki berbagai macam paket wisata yang bisa Anda pilih dengan harga yang sangat terjangkau tanpa mengurangi kualitas pelayanan yang baik, sehingga Anda tidak perlu repot mengatur program wisata Anda karena kami yang akan menyiapkan nya untuk Anda.

Jangan ragu menguhungi kami untuk dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengatur program wisata Anda, dan kami akan menyiapkan semua nya untuk Anda dengan senang hati.

OUR CONTACT

Phone:+62-22-7535290
Call Center:+62-813-2014-0004
Whatsapp:+62-813-2014-0004
Email:info@metro-holidays.com
metroholidaysbandung@gmail.com
 Address:Jalan Neptunus Barat VI
Blok A9 No.12A, Komplek
Margahayu Raya,
Bandung 40286, West Java, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat With Us on Whatsapp